Kunjungan Edukatif ke PASTY dan Kebun Plasma Nutfah Pisang

Untuk mendukung pembelajaran tema Binatang dan Tumbuhan, kunjungan edukatif kali ini ustadzah memilih lokasi di Pasar Satwa dan Tanaman Yogyakarta atau PASTY yang ada di Jalan. Dongkelan dan Kebun Plasma Nutfah Pisang yang ada di Giwangan Yogyakarta. 
 A. Senangnya di PASTY
Dengan 3 armada bis, 88 santri Play Group dan TKIT Muadz Bin Jabal Kotagede berangkat dari sekolah pukul 08.30 WIB menuju PASTY. Sampai di Pasar Satwa setelah diberikan sedikit apersepsi dan tata tertib anak-anak diajak berkeliling pasar melihat berbagai jenis satwa, ada burung, ayam, kelinci, kucing, anjing, ikan, kura-kura, hamster dan lain-lain."Subhanallah, cantik sekali burung yang warna biru itu" "Aku mau ust!" kata salah seorang santri. "Itu dijual sayang, boleh kalau ada uangnya."kata ustadzah menjelaskan. Keceriaan dan kegembiraan anak-anak tampak saat mereka berkeliling dan dengan antusias bertanya pada penjual. "Pak yang ini berapa harganya?" "Makanannya apa, pak?" dan sederet pertanyaan lain tentang satwa yang mereka lihat. Rasa ingin tahu anak terlihat saat mereka selalu ingin memegang satwa yang ada. Untuk mengantisipasi kuman penyakit ustadzah memakaikan masker pada tiap anak dan mengajak untuk mencuci tangan dengan sabun. Setelah berkeliling ustadzahpun mengajak anak menuju sentra tanaman yang ada di seberang jalan sentra satwa pasar tersebut. Dengan bantuan beberapa petugas keamanan kamipun menyeberang. "Wooww... subhanallah tanaman dan bunganya juga bagus-bagus ya anak-anak."seru ustadzah.Di kebun ini kami beristirahat sejenak, makan snack dan minum. Kemudian bis melaju kembali menuju Kebun Plasma Nutfah Pisang.
B. Berkebun di Kebun Plasma Nutfah Pisang panas tapi tetap semangat
Pukul 10.00 kami tiba di Kebun Plasma Nutfah Pisang. Kami diterima oleh beberapa personil di Aula Kantor tersebut. Tikar terjajar rapi. Sederet meja, lengkap dengan laptop dan perangkat proyektor LCD ada di depan backkdrop. Waduh kok resmi banget ya..mudah-mudahan gak lama-lama sambutannya. Maklum daya konsentrasi santri PG dan TK terbatas. Kami disambut oleh Bapak Bambang. "Ada sekitar 346 jenis tanaman pisang yang ada di sini." jelas pak Bambang. Banyak juga ya, itu saja masih bisa bertambah lagi karena lembaga ini terus mengembangkannya. Setelah mendengar beberapa kata sambutan, kamipun menyerahkan cenderamata berupa karya kolase "Kebun Pisangku" hasil karya dari santri-santri kelas nabi Ibrahim. Dan sebagai kenang-kenangan juga dari lembaga ini menyerahkan 2 bibit pisang kepok untuk ditanam di sekolah. Setelah itu rombongan dibagi 2 kelompok, kelompok pertama akan diajak berjalan-jalan ke kebun pisang terlebih dulu, sedangkan kelompok kedua akan diajak menanam di area pembibitan. Asyiik...