Mu’adz Bin Jabal Kotagede Gelar Berbagai Kegiatan Untuk Tanamkan Makna Idul Adha


RA/TKIT Mu’adz Bin Jabal menggelar berbagai  macam kegiatan menyambut hari raya Idul Adha 1438 H, untuk menanamkan makna Idul Adha kepada anak-anak.
Menurut Sapta Dwi Wardani, S.Ag selaku Kepala Sekolah TPA/ KB/ RA Mu’adz Bin Jabal ada beberapa kegiatan yang sudah dimulai sejak Rabu hingga terakhir hari ini diakhiri dengan penyembelihan hewan qurban.
Kegiatan yang pertama adalah latihan sholat idul Adha yang dilaksanakan Rabu, 30 Agustus 2017, gema takbir berkumandang di halaman sekolah RA Mu’adz Bin Jabal yang beralamat di Jalan Nyi Pembayun, Prenggan, Kotagede. Sebelum pelaksanaan Ustadzah menyampaikan ke anak-anak tentang adab-adab sebelum melaksanakan sholat Idul Adha dan tata cara sholat Idul Adha. Sebagai Imam M. Afif Dirgantara dari kelas Nabi Ilyas, dan Akmal Muhammad Fathan sebagai Khotib dari kelas Nabi Ibrahim.
Dan hari ini Senin, 4 September 2017 dua ekor kambing disembelih disekolah untuk menjadi pembelajaran bagi anak-anak. Hewan qurban didapat dari hasil pengumpulan uang yang dilakukan anak-anak setiap hari dari tgl 14-30 Agustus untuk berlatih qurban.
Sebelumnya anak-anak mendengarkan kisah ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismail yang disampaikan oleh Kak Iwan dari PPMI Yogyakarta, dan untuk menguatkan konsep tersebut anak-anak diajak untuk melihat proses penyembelihan hewan qurban. Harapannya, anak-anak benar-benar memahami makna Idul Qurban yang sebenarnya, terutama tentang ketaatan seorang Nabi kepada Rabbnya yang harus diteladani.
Anak-anak turut membagikan daging qurban kepada masyarakat sekitar sekolah untuk menjalin silaturrahim dan meningkatkan sinergi dengan masyarakat, tambah Sapta Dwi Wardani, S.Ag.